안녕하세요?...Welcome to Suray's World & Beyond

where you will see what I treasure and cherish in simple yet wonderful life.


Saturday, August 18, 2012

Korea di Olimpiade London (part 4)


(This is an excerpt of a radio show (about Korea's achievement in 2012 London Olympics) that I hosted via KBS World Radio from July 27 - August 12, 2012). As an act to capture and make it eternal, I uploaded the transcript as it is).

PANDANGAN MATA OLIMPIADE LONDON 2012

Selamat bertemu kembali para pendengar KBS World Radio seksi bahasa Indonesia.
Olimpiade London 2012 ini benar-benar telah mencatat sejarah baru bagi bangsa Korea. Selain London sebagai ajang olimpiade pertama yang diikuti Korea pada tahun 1948, Olimpiade London ini juga merupakan tempat pembuktian jati diri atlet-atlet Korea untuk menorehkan catatan sejarah karena banyak medali emas yang dipersembahkan bagi Korea.

Yang Hak Seon untuk pertama kalinya memenangkan emas dalam cabang senam di nomor vault atau kuda-kuda lompat di arena North Greenwich pada Senin kemarin. Atlet berusia 20 tahun ini mengungguli delapan finalis lainnya dengan skor total 16,533 poin. Salah satu kunci keberhasilan Yang Hak Seon adalah teknik lompat dan berputar di udara sebanyak tiga kali yang dinamai Yang Hak Seon.
Dengan kemenangan ini, berarti Korea mencatat medali emas pertama dari cabang senam sejak ikut serta dalam cabang ini mulai Olimpiade Los Angeles tahun 1984 lalu. Namun, prestasi hingga kini baru dua perak saja. Jadi sekali lagi, Yang Hak Seon telah mengharubiru rakyat Korea sejak kemarin.

Bukan begitu saja, pendengar. Ternyata kehidupan sang juara ini jauh dari bayangan orang sebelumnya. Dia terlahir dari keluarga tak mampu dengan 4 bersaudara di daerah Kwangju propinsi Cholla Selatan. Siapa menyangka bahwa hingga kini pun ternyata orang tuanya tetap tinggal di sebuah rumah yang terbuat dari plastik berdekatan dengan ladang tempat mereka menjalani hidup sehari-hari. Selain itu, ternyata uang yang dia dapatkan dari berlatih senam setiap bulan juga dia kirimkan kepada orang tua yang menggantungkan nafkah darinya. Untuk itulah, orang tuanya benar-benar menganggap Yang Hak Seon sebagai anak berbakti walaupun sejak kecil hingga kini tak ada yang bisa diberikan orang tua padanya. Bahkan dikabarkan bahwa satu-satunya hal yang seakan menyinari ruangan temaram di rumah plastik orang tuanya adalah jejeran sertifikat dan medali yang dia letakkan di rumah.

Yang Hak Seon mengatakan bahwa sekembalinya dari London, dia ingin membangun rumah yang bagus agar orang tuanya bisa hidup di rumah yang hangat dan aman. Bahkan dia berkata bahwa dia juga ingin tinggal bersama orang tuanya dan hidup bertani bersama orang tuanya. Itulah Yang Hak Seon, peraih emas dalam cabang senam nomor kuda-kuda lompat di Olimpiade London 2012.
 양학선

Sejak awal saya sudah berniat untuk memakai seluruh kemampuan saya. Saat melayang saya merasa ringan seperti bulu. Saat itu tubuhku tak merasakan apa pun, sepertinya ada yang salah. Namun untunglah saya mendarat dengan baik. Ini adalah Olimpiade pertama bagi saya. Untuk itu saya berterima kasih karena diberi kepercayaan. Kemarin waktu tidur, saya tak mimpi apa pun. Saat menelepon ibu, Ibu bilang katanya dia bermimpi. Saya percaya karena itu adalah mimpi ibu. Saat bertanding, saya melihat bahwa atlet yang lain begitu hebat, hingga sempat berpikir bisakah saya menang. Namun, syukurlah hasilnya saya menang.
---
Pendengar, dalam cabang menembak, Korea menambahkan medali perak dari menembak cabang senapan. Atlet Kim Jong Hyun berhasil mendapatkan medali ini dari cabang menembak kelas 50 meter putra. Dalam final ini, atlet berusia 37 tahun ini berhasil mengungguli lawannya dari Amerika. Dengan demikian, Korea telah mengantongi 3 emas dan 2 perak dari cabang ini.
Sementara itu, bisa kami beritahukan pula bahwa tim beregu putra cabang tenis meja juga berhasil maju ke babak final pada Rabu malam besok.
Bukan berhenti di itu saja, ternyata tim bola tangan putri dan tim bola voli putri Korea juga berhasil masuk ke babak 8 besar. Jadi ini tentunya akan sangat menarik untuk mengikuti perkembangan selanjutnya kedua tim tersebut.

Dan....
yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang Korea tentunya adalah pertandingan semifinal sepakbola Korea melawan Brasil yang akan dilangsungkan pada dini hari nanti. 

Pendengar, malam ini akan menjadi malam yang ditunggu seluruh rakyat Korea karena mereka pastinya ingin melihat langsung bagaimana tim nasionalnya berjuang dalam semifinal sepakbola Olimpiade London 2012.  Banyak orang begadang pastinya. Namun hal itu tentu sepadan dengan apa yang ingin mereka saksikan karena ini adalah bagian sejarah dalam Olimpiade. Semoga tim nasional Korea berhasil menunjukkan yang terbaik bagi bangsanya.
Sekian PANDANGAN MATA ajang Olimpiade London 2012.
Saya Suray, Terima kasih dan Sampai Jumpa dalam pandangan mata Olimpiade London 2012 berikutnya. Salam Olahraga!


No comments:

Post a Comment

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...