안녕하세요?...Welcome to Suray's World & Beyond

where you will see what I treasure and cherish in simple yet wonderful life.


Saturday, August 18, 2012

Korea di Olimpiade London (part 1)

(This is an excerpt of a radio show (about Korea's achievement in 2012 London Olympics) that I hosted via KBS World Radio from July 27 - August 12, 2012). As an act to capture and make it eternal, I uploaded the transcript as it is).

Judul: PANDANGAN MATA OLIMPIADE LONDON 2012 ‘DARI LONDON KE LONDON’
Selamat berjumpa para Pendengar KBS World Radio seksi bahasa Indonesia.
Mulai hari ini kami akan melaporkan kiprah dan sepak terjang para atlet Korea Selatan dalam ajang Olimpiade London yang berlangsung selama 17 hari hingga tanggal 12 Agustus 2012 nanti.
Bersama saya, Suray, saya akan menemani Anda untuk melihat langsung perkembangan di London.
Sejak dibuka pada hari Sabtu tanggal 27 Juli yang lalu, Korea telah meraih beberapa keberhasilan. Beberapa kejadian penting yang perlu kita simak adalah:
Pertama: Korea Selatan berhasil meraih medali emas pertama dalam cabang menembak. Atlet JIN JONG OH dengan cemerlang berhasil meraih emas ini dalam kelas 10 meter pistol Udara di Royal Artillery Barracks di Greenwich. Dengan demikian, JIN JONG OH adalah atlet tembak Korea pertama yang berhasil mendulang emas berurutan sejak di Olimpiade Beijing 4 tahun lalu.
Keberhasilan Kedua datang dari para Srikandi Korea dalam cabang panahan beregu. Ketiga Srikandi ini adalah Ki Bo-bae, Choi Hyeon Ju dan Lee Sung jin. Mereka berhasil mengalahkan tim panahan Cina dengan skor 210-209, beda tipis 1 poin. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa Korea Selatan telah 7 kali berturut-turut menggondol emas dalam cabang panahan beregu sejak Olimpiade 1988 di Seoul. 
 Hal menarik yang perlu kami beritahukan adalah bahwa empat negara teratas dalam cabang panahan, ternyata pelatihnya adalah orang Korea. Ini adalah sesuatu yang mungkin tak banyak kita ketahui, namun tentu ini adalah sesuatu yang patut dibanggakan.
Dalam cabang sepakbola, Korea berhasil menahan imbang 0 – 0 saat melawan Meksiko. Kemudian pada pertandingan penyisihan Senin dini hari waktu Korea, tim kesebelasan Korea berhasil menang 2 – 1 melawan tim Swiss. 
Sementara itu, peraih emas renang Olimpiade Beijing dari Korea, Park Tae Hwan, pada pertandingan kali ini meraih Perak dalam pertandingan berenang 400 meter gaya bebas.
Selain medali emas dan perak, dalam 1 hari terakhir, Korea juga menambah perolehan medali dari cabang panahan beregu putra dan Judo yang masing-masing menyumbang 1 medali perunggu. Khusus untuk Judo, pejudo Jo Jun ho 조준호 menambahkan medali perunggu buat negaranya dalam kelas 66 kg setelah mengalahkan pejudo Spanyol.
Ada dua kontroversi yang sempat menimpa tim Korea Selatan  dan yagn sempat membuat kecewa masyarakat Korea.
Pertama adalah saat dalam pertandingan melawan pejudo Jepang, Mashasi Ebinuma, pejudo Korea Jo Jun Ho ini berhasil bertanding imbang. Dalam perempat final, Jo sempat dinyatakan sebagai pemenang atas pejudo Jepang ini. Namun, ternyata semuanya tergantung pada juri yang mengambil keputusan untuk meganulir kemenangan Jo Jun Ho dan mengubah keputusan setelah wasit dan dua orang wasit diintervensi oleh Federasi Internasional Judo.
Kedua adalah saat perenang handalan Korea Selatan, Park Tae Hwan sempat didiskualifikasi saat babak penyisihan karena diduga mencuri start. Namun, setelah diadakan pengecekan ulang, akhirnya Park Tae Hwan dinyatakan tidak melakukan pencurian start.
Tentu saja dua hal di atas adalah dua kejadian yang sempat membuat warga Korea Selatan merasa kecewa.
Namun, pendengar, ternyata di luar dua hal di atas, segenap warga Korea Selatan tetap antusias dan penuh semangat mengikuti dan mendukung para atlet mereka di London,  walaupun mereka harus rela begadang hingga dini hari dikarenakan beda waktu antara Korea dan London.
Berikut ini adalah jadual pertandingan yang akan melibatkan para atlet Korea subuh dini hari besok.
Pertama: di cabang Judo, Wang Gi Chun (peraih medali perak dalam Olimpiade Beijing 2008) akan bertanding dalam kelas 81 kg.
Kedua: park Tae Hwan akan bertanding di kelas bergengsi 200 meter gaya bebas.
Inilah PANDANGAN MATA ajang Olimpiade London 2012 Dari London ke London.
Saya Suray, Terima kasih dan Sampai Jumpa dalam pandangan mata Olimpiade London 2012 berikutnya.



No comments:

Post a Comment

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...