안녕하세요?...Welcome to Suray's World & Beyond

where you will see what I treasure and cherish in simple yet wonderful life.


Saturday, August 18, 2012

Tempat Tempat Seru di Korea & Selebriti Korea (part 2)


This is an excerpt or transcript of my other show (Tempat Tempat Seru & Serba Serbi Selebriti) on KBS World Radio in Bahasa Indonesia and...broadcasted live from Seoul every Saturday night throughout Sunday. Just for the sake of keeping a record of what I have been doing in Korea, this is uploaded into my blog as it was written as an original text prior to broadcasting. Oh, for anyone who might not yet be familiar, this is a kind of talk show with my fellow DJ, Sani up to the end of July TTand produser Lee (as I call her) starting from the first week of August 2012 up to now....


Juli 2012
PS: Waktunya ngobrolin TTS nih, San.

S: Ya, Pak Suray. Ada cerita seru apa lagi ini yang bisa kita bagi ke para pendengar kita?

PS: Buannnnyak, San.  Saking banyaknya nich, saya juga bingung memilah dan memilih mana yang perlu saya sampaikan dulu untuk cerita TTS kali ini. Namun, begini saja, saya tiga hari lalu baru saja pulang dari kota kedua terbesar di Korea Selatan.

S: nah, pendengar semua pasti tahu apa yang dimaksud pak Suray.

PS: Ya, benar. Saya yakin pasti banyak yang tahu. Tapi bagi yang belum, saya baru pulang dari kota pelabuhan terbesar ke-5 di dunia, yaitu Busan.

S: Pak Suray, kog jalan jalan melulu. ^^ Bagaimana sekolahnya?

PS: ahem ahem.....iya tuh San. Seharusnya memang ada kelas, tapi karena ini juga merupakan tugas saya sebagai ‘duta Korea’ maka saya tak bisa meninggalkan yang ini juga. Karena pengalaman di luar juga bagus untuk menambah wawasan ilmu dan pengetahuan saya mengenai Korea. Lagi pula, saya kan telah mendapat ijin dari dosen-dosen saya di sini. Nah, plong deh rasanya.

S: Ok, apa yang perlu diperkenalkan mengenai Kota ini, pak Suray?

PS: Tak ada yang tak tahu Busan. Omong-omong...saya kan ke Busan melewati tanah kelahiran alias kampung halamannya Sani.

S: hehehee...ya. Ulsan. Jadi kalau ke Busan dari Seoul pasti melewati Ulsan.

PS: hmmm....saya sempat melihat dari dalam kereta deh suasana daerah kampung halamanmu Sani.

S: Hmm kapan-kapan cerita tentang Ulsan ya nanti. Nah sekarang, kita terusin perjalanan kisah kita ke Busan.

Saya yakin banyak pendengar yang tahu juga bahwa Busan sangat terkenal sebagai kota Film dan Festival. Pendengar pasti banyak yang tahu ‘kan.....tentang BIFF atau Busan International Film Festival, misalnya. Lalu ada juga BEXCO, Busan Expo and Convention yang luasnya adalah 26,500 meter persegi. The world’s largest department store, Shinsegae di Centum City juga masuk Guinnes Book of World Record pd tahun 2009. Di dalam mall segede ini ada semua fasilitas, kalau toko pasti, ice rin untuk skating, ini juga di Taman Anggrek Mall Jakarta juga ada. bioskop itu mah biasa. Kata orang Sunda.

S: Lha kalau hanya sekedar luas tapi tak ada yang menarik...lalu apa yang membuat mall ini berbeda nich Pak?

PS: itu dia, San. Saja juga penasaran. Kalau mall terbesar itu sudah biasa, maka saya harapkan ada sesuatu yang spesial.

S: Apa pak? Apa itu?
PS: ada dua ya, menurut saya.

Pertama: Spa Land. Ya...ini adalah jimjilbang atau kamar mandi umum atau sauna yang mewah di dalam mall terbesar di dunia ini. Ada sekitar 22 tema. Namanya juga land. Seperti disneyland atau Ancol hehe...tapi ini kita berspa-spa ria di dalamnya. Ada teman Roma, Piramid, Bali, kamar sauna es, sauna susu, sauna tradisional korea dan masih banyak lagi.

PS: Kalau Sani pastinya juga pernah ke Sauna kan? Apa yang Sani lakukan? Cerita dong San..
S:..........^^
PS: Hanya ini bedanya....luaaaaaasss dan modern tapi mewah tapi tradisional. Bingung menggambarkannya.

S: Pak Suray mencoba semuanya?

PS: Nah ceritanya kan saya sebagai Korea Brand Communicator ....punya tugas selama 3 jam harus meliput shinsaegae department store ini untuk dijadikan bahan berita. Duh.....Pengeeeeeen....tapi karena saya harus lari dan meliput banyak tempat yang seharusnya saya singgahi paling tidak  8 jam baru tuntas, maka....hiiiiks tak lah. Sayang kan? Lagi pula kalau saya mencoba nanti..saya khawatir tak mau keluar dan ditinggal rombongan.
Nah yang kedua sekarang ya?

S: Ya, sekarang yang kedua apa nih Pak?

PS: saat ini selama liburan musim panas, di Mall ini sedang berlangsung pameran patung lilin yang terkenal, siapa yang tak kenal Madame Tussaud Wax museum? Nah, saat ini sedang ada pameran di sini. Di sana para pengunjung bisa berfoto bersama Presiden obama, presiden Lee Myung Bak, LADY Gaga, Bae Young Jun, Brad Pitt, Jackie Chan dan banyak lagi tokoh dunia yang ......terima nasib...dipatungkan^^ hehehe.

S: Pak Suray sempat ke sana juga?

PS: ini dia. Mumpung di sini, maka akan rugi bila tak menyempatkan waktu untuk berfoto bersama mereka. Dengan tiket masuk sebesar 8000 Won, kita bisa menikmati waktu kita seakan akan bersama mereka. Katanya, bila minat dan permintaan masyarakat banyak...maka ada kemungkinan akan dijadikan permanen di Korea. Oya bagi para pendengar di Indonesia yang ingin menikmati ini...silakan datang ke Busan. Atau....saya dengar nih....di Jakarta juga akan dibuka bulan Juli ini, Madame Tussauds wax museum di Ancol.

S: jadi yang di Busan ini bersifat sementara?

PS: itulah Sani. Padahal..bila ini akan ada terus..maka bisa menjadi salah satu tambahan top destination bagi Busan yang mempromosikan dirinya sebagai Dynamic Busan.
---------------------------------------------------------( istirahat 1 detik )^^-------
PS: Hmm bagaimana? menyenangkan ‘kan, Busan itu?

S: Hmm benar juga ya Pak. Sebentar pak Suray. Saya juga pernah mendengar bahwa di Busan nih ada juga hal lain yang masuk ke Guinness Book of World Records selain itu.
PS: Ya, benar. Oleh-oleh informasi dari Busan yang terakhir ini terkait dengan BIFF, nih San.

S: tapi kan BIFF saat ini tidak ada, Pak? Jadi apa asyiknya kita ke sana?

PS: Nah itu juga...anggapan orang. Bahkan banyak orang Korea di luar kota Busan, bahkan penduduk kota Busan sendiri yang menganggap NGAPAIN ke tempat penyelenggaraan BIFF bila tak ada acara itu.

Ini juga yang saya pelajari ketika datang ke sana. Kami sempat mengunjungi tempat namanya 영화의 전당 atau Busan Cinema Center atau Wisma Film Busan kalau saya bahasa Indonesiakan.  Inilah tempat BIFF dilaksanakan setiap tahun. Nah di tempat inilah Busan memegang satu lagi rekor dunia, yaitu cantilever roof atau atap gantung terpanjang di dunia yaitu sepangjang 85 meter. Atap ini semacam anjungan gantung atau jembatan gantung tanpa penyangga bawah yang memberikan kesan futuristik tempat BIFF ini.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan berbagai macam kegiatan dan perpustakaan, kafe, serta penayangan film-film internasional setiap harinya. Nah silakan mbah google bila para pendengar penasaran. Silakan ketik Busan Cinema Center..maka akan ada informasi lengkap di sini.

S: Wah ...ada dua rekor dunia dalam hal konstruksi gedung yang harus dilihat di Busan ya Pak?

PS: Benar. Sebenarnya masih banyak cerita mengenai Busan ini...tapi yang lain bisa kita bagikan dalam TTS TTS selanjutnya. Kita buat serial beberapa kali saja ya..untuk Busan ini. Tak terhitung betapa banyak Tempat Tempat Seru dan Menegangkan di Busan. Silakan tunggu kami lagi di TTS berikutnya.

Info Selebriti:
PS: Kali ini kita nyinggung film Korea ya. Tadi kan sudah ngomongin BIFF BIFF-an. Nah....tak ada salahnya ya bila kita nyinggung masalah perfilman Korea. Tapi maaf nih pendengar saya tak akan gosipin artis-artisnya saat ini. Saya akan menyoroti suasana perfilman Korea minggu ini.

S: Oh begitu? Kenapa pak? Kan asyik tuh nggosippin dan ngebayangin artis dan aktor yang mungkin para pendengar sukai dan dambakan
PS: hehe...benar. asyik juga. Apalagi ...pas musim hujan atau jangmachol seperti ini
S: ...dengan mendung dan awan sendu yang bergelayut di langit Korea....
PS: eit..eit..stop stop stop...nanti terlalu puitis...kamu malah teringat dambaan hatimu lho...
S: ehe...maaf ya pendengar. Entah kenapa kog tiba tiba...melamun....
Ok kembali sadar. Ok Pak Suray, mengapa kita KALI INI harus ngomongin tentang dunia perfilmannya? Kog bukan artisnya?

PS: Kita perlu dong....selalu mengingatkan pendengar tentang dunia di balik gemerlapnya dunia artis dan aktor film. Itung-itung sebagai tambahan wawasan.
S: Ok, apa yang ingin Pak Suray sampaikan?

PS: Sejak tahun 2000 telah terjadi booming film Korea. Banyak yang mengkhawatirkan atau mencibir bahwa film korea booming hanya hangat hangat tahi ayam alias sebentar lagi juga pudar. Tapi NYATANYA? Selama lebih dari satu dekade nich San...eh Sani tahu kan?
S: ya..bahwa film Korea tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri? Begitu kan pak Suray?

PS: TEPAAATT!. Itu yang saya maksudkan, San.
itulah pendengar. Di tengah berita Hallyu yang sepertinya didominasi oleh dunia artis K-Pop dengan boy boy and girl girl bandnya...^^. Ada satu hal yang terkadang luput dari sebagian pecinta Korea bahwa Korea tetap menunjukkan giginya dalam kancah perfilman.

S: Hmm..kalau begitu, bisa dong Pak Suray. Adakah bukti buktinya?

PS: Ok, sebagai informasi ringan dalam..acara ini. Maka...yuk kita lihat tangga mingguan box office film yang beredar di Korea. Dari 10 film terlaris sampai akhir minggu awal Juli ini, maka ada 6 film Korea yang masuk. Hebat kan?

S:Dari kacamata pak Suray... yang setahu saya juga penggila film...^^ hehe benar kan? .itu menunjukkan apa ya Pak?
PS:
satu: film Korea tetap punya cengkeraman yang kuat di pasar domestik. Artinya nich Orang Korea tetap MAU menonton filmnya sendiri. Walaupun pasti ada yang berubah.
Dua: industri film Korea terus berkembang di tengah persaingan yang ketat dengan kran impor film Hollywood.

S: Benar. Saya juga berpikir seperti itu, Pak. Walaupun saya jarang nonton....^^ ternyata apa yang diungkapkan pak Suray ada benarnya juga.

PS: nah...ini yang saya kira memang perlu terus dijaga, San. Dunia kreatif negeri sendiri memang harus dicintai. Memang sih...buat apa melihat kalau yang dilihat tak bagus. Jadi dengan bukti bahwa banyak film Korea yang bertahan melawan film hollywood di bioskop-bioskop Korea....berarti film Korea bisa bersaing mutunya.

S: Tapi pak Suray, itu kan dari jumlah filmnya. Kalau penonton bagaimana?
PS: hmm...ini yang jadi kekhawatiran. Bulan ini market share film Korea dibanding film Hollywood adalah 70% dibanding 30%. Hollywood menang. Tapi ini hanya karena ada the Amazing Spiderman. Semua orang ingin nonton the amazing spiderman pada musim panas ini. Jadi penetrasi film ini memang kuat. Tapi kembali ke jumlah film yang dirilis.....ada 6 yang bertengger di 10 film teratas. film hollywood hanya ada 2 dan satu lagi sebuah film dari Perancis. Menarik kan?

S: Saya kog jadi ingin tahu juga nich Pak Suray......kalau selama setahun atau katakanlah sejak Januari hingga Juni atau Juli ini.....secara rata-rata film Korea mampu bersaing dengan Hollywood?

PS: jawabannya: IYA. Sekali lagi IYA. ^^ hebat kan?
Ternyata nich San...film Korea yang masuk ke daftar 10 ten list hingga Juli ini telah ditonton rata-rata oleh 7 juga orang. Film film seperti Nameless Gangster, All about My Wife (naeanne moden goet), Architecture 101 (Gonchukhak gaeron) adalah film-film yang masuk ke daftar ini, Seon.

S: Dengan melihat ini ...saya juga menyadari bahwa di tengah derasnya impor film luar, ternyata film Korea tetap eksis bahkan melewati satu dasawarsa.

PS: Benar, San. Itulah yang perlu kita bagikan hal ini pada para pemirsa. Eh...kog pemirsa.

S: seperti siaran di TV saja nich pak Suray.

PS: Andai saja ya..^^ hehe (mimpiiiiiii)

Nah itu..dulu sekitar selebritis atau tepatnya info dunia perfilman Korea minggu ini. Sampai dengan info-info lainnya minggu depan.

No comments:

Post a Comment

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...