안녕하세요?...Welcome to Suray's World & Beyond

where you will see what I treasure and cherish in simple yet wonderful life.


Saturday, August 18, 2012

Korea di Olimpiade London (part 3)


(This is an excerpt of a radio show (about Korea's achievement in 2012 London Olympics) that I hosted via KBS World Radio from July 27 - August 12, 2012). As an act to capture and make it eternal, I uploaded the transcript as it is).

PANDANGAN MATA OLIMPIADE LONDON 2012

Selamat berjumpa kembali Pendengar KBS World Radio seksi bahasa Indonesia.
Seperti biasa, kali ini saya akan membawa Anda untuk mengikuti perkembangan terkini dari London terutama bagaimana para atlet Korea Selatan menorehkan prestasinya. Selain itu tentu saya juga akan memberikan laporan mengenai kejadian lain di seputar Olimpiade London.

김재범 금메달 순간  
Berita menggembirakan yang hari ini membuat seluruh rakyat Korea bersyukur dan bersorak datang dari cabang JUDO. Hal ini tentu karena cabang ini baru saja menyumbangkan satu medali emas dari kegesitan dan kekuatan Kim Jae Beom di arena Judo kategori di bawah 81 kg putra. dalam pertandingan final di Excel Center, Kim Jae Beom mengalahkan Ole Bischof Jerman. Ini adalah prestasi pertama Judoka berumur 27 tahun ini yang pada saat Olimpiade Beijing 2008 lalu dikalahkan oleh Bischof. Jadi, bisa dikatakan ini adalah prestasi yang bermakna karena dia akhirnya mengalahkan lawan tandingnya 4 tahun lalu.
Terlebih lagi, medali emas ini adalah obat penawar dan senyum manis bagi Korea yang sejak dua hari lalu dirundung duka karena dua pejudo lainnya, yaitu Jo Jun Ho dan Wang Ki Chun gagal mempersembahkan medali satu pun. Jadi, inilah kabar gembira yang dirayakan oleh rakyat Korea saat ini. Nah, bagaimana kesan Kim Jae Beom sesaat setelah menang? Mari kita dengarkan apa katanya.
김재범 소감
“ Saya tak bisa berkata apa-apa. Hanya rasa syukur yang saya rasakan... Rasanya seperti hidup dan mati karena saya sempat kalah. Lalu sempat merasa mati, dan sekarang menang. Intinya...saya harus ambil kesempatan ini...Lalu saya mengikuti apa saran pelatih saya, yaitu untuk banyak menyerang menggunakan kaki....Ya, itu saja yang terpikirkan. Oh, Saya tak tahu beginikah rasanya menang.”

Pendengar, dengan demikian, Kim jae Bom bisa dikatakan telah meraih grand slam Judo karena dalam ajang Judo Asia dia telah menang 4 kali, lalu dia menang di Asian Games Guangzhou tahun 2010, lalu sempat menang 2 kali di Ajang Judo Dunia hingga saat ini Olimpiade 2012. Memang suatu prestasi yang patut dicatat.

 펜싱 동메달 순간
Pendengar, ada satu lagi berita membanggakan dari atlet Korea, yaitu dari atlet anggar laki-laki bernama Choi Byeong Cheol. Dia akhirnya berhasil mendapatkan medali perunggu Olimpiade dan sekaligus sebagai medali pertama untuk Korea di cabang anggar. Prestasi Choi Byeong Cheol ini bisa dibilang ajaib karena dia adalah atlet anggar yang selama 12 tahun terakhir ini tak pernah henti mengikuti Olimpiade walaupun tanpa hasil, yaitu pada saat Olimpiade Athena 2004 dan Olimpiade Beijing 2008. Bisa dikatakan, perolehan medali ini seakan mengulang kesuksesan Korea di cabang anggar saat Olimpiade Sydney tahun 2000 di mana saat itu Korea berhasil meraih emas dari tangan Kim Young Ho dan medali perunggu dari tangan Lee Sang-ki.
Dengan pertandingan yang sengit dan diwarnai saat-saat di mana Choi sempat ketinggalan skor, kali ini Choi Byeong Cheol akhirnya berhasil mengalahkan Andrea Baldini dari Italia dengan skor 15-14 dalam cabang anggar kelas Foil Perorangan Putra.

Nah, laga apa yang akan diikuti oleh atlet Korea besok? Pada malam hingga subuh nanti, Tim Sepak Bola Korea akan bertanding melawan tim kesebelasan dari Gabon.
Sementara itu, atlet Angkat Besi pria Sae Jae Hyeok akan bertanding di kelas 77 kg.
Kita nantikan laga mereka yang berusaha untuk mendapatkan medali emas. Kita harapkan keringat dan daya juang para atlet Korea memperoleh hasil terbaik.
Sekian PANDANGAN MATA ajang Olimpiade London 2012.
Saya Suray, Terima kasih dan Sampai Jumpa dalam pandangan mata Olimpiade London 2012 berikutnya. Salam Olahraga!


No comments:

Post a Comment

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...